CRISPY CERPEN MANIS BIKIN HAPPY

Hai sobat, kalau kemarin aku udah posting Bagaimana Caranya Ngirim Sinopsis ke Production house, khususnya Mnc Pictures, sekarang aku mau berbagi kisah.

Pernah  nonton tayangan Crispy nggak sih di RCTI beberapa waktu lalu? Atau, malah nggak tahu apaan tuh Crispy? CRISPY CERPEN MANIS BIKIN HAPPY  bisa lihat juga cuplikan filmnya di KLIK INI

Gimana seru kan? Mau Crispy ada lagi di layar televisi Rcti? Mention aja +Official RCTI atau gangguin twitternya @OfficialRcti dan tanyakan kapan Crispy tayang lagi. Hehehe

Pastinya kalau hanya satu- dua orang yang nanya, nggak bakal direspon kali ya. Makanya, ajak ribuan massa buat mempelopori. #MulaiLebay

Serius deh, filmnya oke, ceritanya bagus, lucu, seger, apa lagi ya... tapi sayang kita nggak buat cerita jenis itu lagi karena ratingnya tidak memenuhi standar. Sedih kan?

Gimana sih cara nulis sinopsis Crispy? Ini dia aku kasih contoh sinopsis yang kutulis. Ya, harap maklum ya. Baru belajar nulis juga, jadi ambil yg perlu dipelajari dan buang-buang yang nggak pantas. hahaha

Selamat membaca dan jangan lupa komentarnya di sini. Please, jangan di inbox FB aku lagi. Hehehehe. Dan, satu lagi sinopsis ini sebenernya nggak di-approve sama pihak stasiunnya jadi boleh ak publish di blog deh. Siapa tahu PH lain berniat memproduksi #upss
Sinopsis aku yg approve juga jenis tulisannya sama kok kayak gini, cuman beda cerita, dan konfliknya saja. Oya, ini film durasi 30 menit ya. :)


Judul : Jadi Ratu Se-RT
karya Selly Miarani

Sinopsis
Babe teriak-teriak pake toa, ngumumin dan nyemangatin warga sekampung tuk ngikut pemilihan ketua RT, gantiin dirinya yang udah bertahun-tahun lamanya terus menjabat sebagai ketua RT. Babe sih gak mau menjabat lagi, maunya pensiun aja, udah capek. Tapi masalahnya nih, gak ada satu pun yg mau nyalonin diri. Tapi begitu Babe bilang kalo siapa pun yang terpilih nanti dapet kesempatan tuk jadi calon  mantunya, langsung dah banyak yang nyalonin diri. APAAAAA???!!! Ratu teriak kaga setuju. Apa hubungannya coba pemilihan ketua RT sama calon lakinya? Tapi Babe gak mau peduli. Apalagi dia sebel banget sama Nyonya Murni ketua RW yang sebenernya udah lama dia taksir tapi malah mau nikah sama laki lain. Nah, ketahuan deh alasan sebenernya kenape Babe gak mau jadi ketua RT lagi.
Para calon ketua RT, rebutan daftar dan setelah diseleksi kepilih-lah tiga kandidat. Mereka bahkan kampanye sana-sini biar warga nanti pada ngedukung mereka buat jadi ketua RT selanjutnya. Para Kandidat gunain segala cara buat nyogok si Babe. Parto, cowok (27 tahun) yang kemana-mana selalu bawa sapu tangan karena meleran. Kena debu dikit-bersin, nyium bau yg kaga enak menurut penciumannya-bersin. Parto bawa makanan buat si Babe tapi yang ada tuh makanan malah dibersinin melulu sama dia. Pas kampanye ke warga juga gitu, yang ada orang-orang ilfil nerima makanan dari dia. Kang Suip, dengan pakaian ala kabayan jelasin visi misinya bila terpilih jadi ketua RT nanti. Dia bakalan bikin warga di RT 10 ini sejahtera baik itu dari segi pendidikan, ngebangun universitas terlengkap di kampung sampe bakalan bangun rumah susun dengan fasilitas elit dllnya. Beuh, Kang Suip ini gede ngomongnya doank. Tapi meskipun gitu, dialah yang paling mahal ngebawain barang-barang sogokan buat Babe. Bahkan pas kampanye dia juga bagi-bagi duit buat warga agar milih dia, ya meskipun baginya cuman gocengan. Dan yang terakhir nih si Kakek Seno. Ya elah, udah kakek-kakek juga masih aja mau ikutan. Tapi pas Kakek Seno bagi-bagi selebaran, para warga malah seneng banget. Seolah-olah mereka ngedukung Kakek Seno buat jadi ketua RT selanjutnya. Padahal sih-ini masih rahasia-di selebaran itu tertulis agar warga milih Babenya Ratu lagi buat tetep jadi ketua RT mereka.
Nah, diantara mereka bertiga, gak ada yang Ratu suka dan gimana pun caranya Ratu bakalan ngegagalin rencana mereka bertiga agar gak kepilih jadi ketua RT. Apalagi pas Ratu tau kalo para warga tuh ngedukung Kakek Seno banget. Ratu sih ogah, masa dia harus merid sama kakek-kakek? Begitu Ratu ngerayu beberapa warga agar jangan milih Kakek Seno, warga tersebut malah cuman senyum-senyum doank, bahkan ada yang ngerjain Ratu, ngeledek kalo dia emang harus udah terima nasib. Ratu sih masih ngira nasibnya itu bakalan merid sama Kakek Seno. Ratu frustasi, ngomel sama Babenya, tapi ya si Babe kaga mau tau, wong dia udah terlanjur bikin pengumuman.
Ratu tuh bukannya gak kasian sama Babenya tapi dia tuh udah lama naksir sama Wanto cowok yang dia bujuk bagaimana pun buat ikutan pemilihan ketua RT ini, tapi tetep kaga mau. Ratu tuh sebel sama Wanto. Sebenernya Wanto tuh naksir dia gak sih. Kok jadi cowok tuh cool benget. Kulkas aja kalah dinginnya sama Wanto. Tapi meskipun gitu, Wanto sama Ratu tuh tetep komunikasi, secara Wanto tuh kerja di kelurahan. Nah, si Ratu nih suka banget bantuin Babenya buat ngurus surat-surat, biar ketemu Wanto maksudnya. Tapi udah lama pedekate sama Wanto belum aja ada perkembangan yang dia harepin. Mana bentar lagi waktunya pemilihan ketua RT lagi.
Tibalah pemilihan Ketua RT. Para kandidat diminta berpidato. Parto dan Kang Suip saling bersahut-sahutan pidato kayak calon-calon petinggi dan ngubar-ngubar janji ini itu. Bahkan Kang Suip sempet nyanyi lagu daerah buat Ratu, calon bininya. Yang ada mereka pada disorakin dan terakhir ditimpukin sama warga pake sampah dan kulit pisang. Pas turun panggung, Kang Suip nginjek kulit pisang, kepleset dan jatuh niban Parto. Tingkah mereka kocak pas jatuh dan bikin semua yang ada disitu ketawa. Tempat pemilihan pun jadi berantakan kaga karuan. Tapi tetep aja Kakek Seno masih bisa pidato. Dan semua warga setuju sama pilihan Kakek Seno.
Ratu langsung nangis kejer, ngerengek kalo dia gak mau nikah sama Kakek Seno dan maunya sama Wanto karena udah lama dia naksir sama Wanto. Wanto jadi malu sendiri denger pengakuan Ratu. Para warga pun malah ngetawain Ratu. Ternyata Ratu tuh baru tahu kalo warga tuh setuju sama Kakek Seno karena Kakek Seno tuh malah ngedukung kalo Babe jadi ketua RT lagi. Semua warga setuju. Giliran Babe yang pusing sendiri, kok Babe lagi yang jadi ketua RT?
Kakek Seno yang ternyata adalah kakek Wanto pun nyuruh Wanto buat nyatain cinta ke Ratu. Jadi laki tuh jangan pemalu, masa kalah sama Ratu yang udah berani ungkapin rasa sayangnya di depan umum? Ledek Kakek Seno. Wanto berdalih kalo dia tuh gak pemalu, dia langsung nurunin kain yang jadi background panggung. Pas kain di lepas, ada tulisan gini buat Ratu, “jangan pilih cowok mana pun, karena aku cinta kamu Ratu”

END


kalau mau copas jangan lupa cantumkan sumbernya ya :)

Bagaimana Membuat Resensi Novel / Buku?

Bagaimana Membuat Resensi Novel / Buku?

Sebelum kita tahu bagaimana membuat Resensi buku yang baik, kita harus mengetahui dulu apa itu resensi buku. Resensi  adalah ulasan tentang buku atau ringkasan pembahasan mengenai buku.

Apa saja yang perlu ada di sebuah resensi buku?



1.  Data Buku  

Berisi tentang nama buku, nama penulisnya, penerbit, tahun terbit, ketebalan buku dan informasi penting lainnya yang ada di dalam buku tersebut yang harus diketahui pembaca.

2. Sinopsis

Sinopsis ini menceritakan ulang secara singkat mengenai isi buku yang akan kita resensikan.  Pastikan, kamu membaca terlebih dahulu buku tersebut. Catat poin-poin penting saat kamu membaca agar memudahkan kamu untuk menuliskannya nanti.

Perlu diingat, sinopsis ini bukan sinopsis yang biasanya ada di belakang cover buku. Tapi sinopsis yang kamu buat sendiri setelah membaca buku tersebut.

3. Kelebihan dan Kekurangan Buku Tersebut

Nah, kelebihan dan kekurangan ini ditulis menurut pendapat kita sebagai pembaca. Bisa berupa kritik atau saran.

Nah, bagaimana agar resensi kita menarik pembaca?
  •        Tentukan judul yang menarik. Judul ini boleh berbeda dengan judul buku yang akan kamu resensikan
  •        Menulis dengan bahasa yang baik dan pergunakan EYD yang tepat. Bisa juga menggunakan bahasa sehari-hari tergantung dengan kebutuhan resensi kamu
  •        Tambahkan gambar buku atau gambar lainnya yang dapat menarik perhatian pembaca.

Sekian ulasan dari kami, selamat meresensi buku dan berkarya.

Kompetisi Membuat Resensi/ Review Buku

Kompetisi Membuat Resensi/ Review Buku

Syarat Peserta,
1.     Usia 17 tahun keatas
2.     Aktif di medsos (facebook, twitter, blogger, dllnya)
3.     Pernah menulis (di blog, atau sudah menerbitkan karya lainnya)
4.     Mampu bekerja sama dengan baik bila terpilih
5.     Share info kompetisi ini ke semua medsos yang kamu punya.

Pendaftaran -> email ke lombaceritapenulis@gmail.com beserta struk pembelian buku Seporsi Rasa. Sertakan juga biodata kamu. (batas akhir pendaftaran 30 September 2015) 
Ada kesalahan di dalam gadget ini